Kamis, 20 Desember 2012

a/n. PETRONAS

Hari ini bisa jadi sebagai hari tersial. Uang sebesar Rp. 9.400.000,- melayang ke kantong orang lain. Berikut kisahnya.

Anak saya baru lulus kuliah, dan sedang giat-giatnya mencari pekerjaan. Banyak perusahaan yang memanggilnya untuk tes/ wawancara, tapi hasilnya masih nihil. Pada jaman sekarang, banyak perusahaan yang meminta calon pegawai mengirim surat lamaran kerja melalui e-mail. Begitu juga dengan (yang mengaku) PETRONAS NIAGA INDONESIA.

Anak saya melamar kerja ke kantor tersebut sekitar sebulan yang lalu.

Tadi pagi, ia menerima email dari Hrd.Petronas@yahoo.co.id yang memberitahukan bahwa ia akan dites pada Sabtu, 23 Desember 2012 di Pekan Baru, Riau. Padahal rumah kami di Depok. Berikut ini suratnya yang dikirim melalui email:




Saya pribadi mempersilakan anak dan istri saya untuk mengurus hal itu, dan sekaligus kami sekeluarga akan piknik ke Riau. Akhirnya didapatkan harga berempat Rp. 9.400.000,- Setelah membayar (mentransfer), istri saya diminta kembali ke ATM untuk 'konfirmasi' jumlah uang yang telah dikirim istri saya ke ASIA travel ke pihak Lion Air.

Sesampai di ATM istri saya terhenyak, setelah diarahkan si anjing "Handi Wijaya", melalui hp di nomor 08233025477 ternyata, ia meminta istri saya mentransfer kembali sejumlah Rp. 9.998.123,-  Di situ istri saya sadar meski padahal si anjing itu membuat angka yang aneh "009998123".

Berikut nama-nama anjing babi yang masuk ke rekanan penipuan itu:

1. Heru Susanto 082334222779 (Petronas)
2. Handi Wijaya 082330254777 (ASIA TRAVEL. TOUR)
3. Herni Suparni (BCA No. Rekening 1091338969)  Rp. 8.000.000,-
4. Liana Yunita  (BNI 0253695425) Rp. 1.400.000,-
5. Jeffry Suhendi --- anjing-anjing gagal ------

Untuk pak Polisi, silakan memperkarakan mereka. Untuk para malaikat, silakan menghukum mereka yang terlibat penipuan ini. Aamiin Ya Allah aamiin




9 komentar:

  1. wah saya baru saja dapat email surat undangan tes ini pada hari jumat 18 januari 2013, jam 04:35. saya sudah curiga pada awalnya trus saya cari cari info, ternyata ada publish berita tentang ini.
    pada email yg saya dapat, yang berbeda hanya nama ASIA TRAVEL TOUR saja dia mengaku sebagai MUH RIDWAN, Nama HERU SUSANTO juga mengaku sebagai orang petronas dan semua NOMORNYA SAMA.
    jadi lebih baik memang kita cari cari info dulu tentang berita yang belom kita tahu asal usulnya, lagi pula untuk kasus seperti ini bisa kita konfirmasi dulu ke kantor resminya.

    terima kasih atas post ini.

    BalasHapus
  2. ,isi surat ya sama seperti yang saya dapatkan,, saya juga dapet surat seperti ini om :)

    ,ini contohnya :

    Keterangan :
    • Peserta Tes di wajibkan untuk melakukan sms konfirmasi kehadiran ke ir. HERU SUSANTO
    nomor 085932437333 dengan format: PETRONAS#NAMA#HADIR/TIDAK
    • Peserta di Wajibkan Melakukan Reservasi Pemesanan ticket (ticketing) di TRAVEL yang sudah di siapkan oleh perusahaan, Serta mobilisasi (penjemputan peserta di bandara menuju ke tempat pelaksanaan kegiatan). peserta seleksi diharapkan melaporkan ke -
    * ASIA TOUR & Travel.
    Penanggung Jawab : ARIF FIRMANSYAH
    Contact Person :082373623444.

    BalasHapus
  3. ,awal dapet info ini saya heran sama domain emailya kok sekelas petronas emailnya gratisa :ngakak

    ,terus gitu kan SOP ya juga nda greet,,, jika ada kandidat dari luar pulau jawa n kompeten:

    1. kandidat sopas di telfon, walaupun di kirim email juga.

    2. tim hrd akan datangke tempat kandidat dengan nyewa meeting room di hotel.

    3. jika tim hrd g bisa datang, kandidat harus datang ke tempat hrd berlokasi, yang dimanasemua biaya di tanggung hrd, ntuk reservasi tiket kandidat hanya dimintai fotocopy KTP untuk pemesanan ticket, itu juga ada konfirm by phone,,,

    ,tapi ini ehh ehh, masa saya dapet info pagi dari tetangga yang kebetulan kerja di BB memberi info tentang lowongan ini,, setelah itu siangya saya kirim email,, beberapa saat sore ya di bales by email dan sms,,, saya masuk 20 besar kandidat yang lolos, tapi isinya :

    Tes seleksi Rekruitmen Karyawan PT. PETRONAS INDONESIA akan di laksanakan pada:

    Hari/tanggal : Sabtu-29-Desember-2012
    Jam : perhatikan pada table.
    Tempat : Menara Rajawali 24th Fl, Jalan Mega Kuningan jakarta Selatan 12950

    ,sudah lewat tanggal yang ditetukanm padahal saya kirim email tanggal 3 feb :ngakak

    BalasHapus
  4. miriiippp saya tulis di http://deedhoworld.blogspot.com/2013/02/penipuan-lowongan-pekerjaan-di-internet.html hehe :)

    BalasHapus
  5. cara bedain yang asli sm engga gimana ya, soalnya saya dapet persis seperti itu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya, cari alamat atau nomor telepon kantor yang aslinya di internet, lalu hubungi mereka...

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. terimakasih infonya. saya juga dapat email sama seperti itu.

    BalasHapus
  8. Saya jg dapat dan sayangnya sudah tertipu,4175000...mudah2an orang ini jeraa dan mendapatkan balasan yg setimpal
    No si pelaku:082330697999; 082373373736

    BalasHapus